Monday, July 6, 2015



Pembudayaan Gemar Membaca serta Meningkatkan Minat Baca Di  Masyarakat, terutama di kabupaten Jombang telah diungkap oleh Bupati, dan para nara sumber pada  talkshow Pembudayaan Gemar Membaca di Pendopo Pemkab Jombang (25/6/2015) sore. Kegiatan yang digelar di bulan Ramadhan tersebut  kerja sama Badan  Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan Pemkab Jombang  melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan PDE.


Talkshow yang dibuka oleh Bupati Jombang Drs. Ec.H. Nyono Suharli Wihandoko tersebut menghadirkan Hj. Mundjidah Wahab Wakil Bupati Jombang dan Motivator Kompol,  DR. Dody Eko Wijayanto, SH, MHum, dan Drs. Sujono MSi Badan  Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber,  dengan moderator Ari dari Suara Jombang.

Diungkapkan Sujono Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan, bahwa minat baca masyarakat Jawa Timur terus  mengalami kenaikan. Pada tahun 2014 mencapai 56 persen. Dan sesuai hasil peneliti dari Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya tahun 2015 ini telah mencapai 65persen. “ Kami berupaya minat baca ini dapat terus ditingkatkan dengan adanya terobosan baru”, tuturnya.

Minat Baca dimasyarakat, terutama di kabupaten Jombang akan terus didorong. Disampaikan  Bupati Jombang Nyono Suharli bahwa dari 306 desa yang ada di 21 Kecamatan harus mempunyai perpustakaan desa, pun demikian disekolah-sekolah juga harus mempunyai perpustakaan dan sudut baca. Dengan membiasakan anak untuk berkunjung ke perpustakaan atau para orang tua mengajak anak rekreasi berbelanja ke toko buku juga merupakan kebiasaan yang baik untuk menumbuhkan minat baca mereka. “Minat baca harus mulai di tumbuhkan dikelompok terkecil yakni keluarga, saat ini sudah muali banyak tumbuh sudut baca dimasyarakat, serta mobil perpustakaan keliling” tuturnya.

Hj. Mundjidah Wahab mengungkapkan bahwa bentuk kasih sayang Allah kepada kita adalah Ilmu.  Dalam sejarah Islam, Rasululloh SAW menerima wahyu pertama yaitu surat Al `Alaq ayat 1-5. Surat tersebut menyuruh pada kita supaya membaca. Dalam surat tersebut tidak disebutkan secara jelas objek yang harus dibaca. Berarti surat tersebut mengandung maksud supaya membaca apa saja. Baik teks maupun konteks. Yang tersirat maupun yang tersurat. “Mengapa wahyu yang pertama turun adalah surat al `alaq yang nota bene menyuruh kita untuk membaca dan bukan surat yang lain? Di sini menyiratkan betapa pentingnya membaca. Karena dengan membaca ilmu pengetahuan dapat terserap dan dikembangkan sedemikian rupa untuk kemajuan dan kemudahan hidup umat manusia. Dengan membaca kita juga tahu rahasia dibalik penciptaan alam semesta yang pada akhirnya mampu memperkuat keyakinan kita pada sang pencipta yaitu Alloh SWT. Dengan membaca kita juga bisa bertukar pengalaman, informasi, wawasan dan ilmu pengetahuan antara satu negara dengan negara lain, lintas batas teritorial bahkan lintas waktu

Banyak bukti yang sudah berbicara tentang manfaat dari  budaya membaca. Di contohkan oleh Hj. Mundjidah Wahab, bahwa Gus Dur mantan Presiden RI ke 4 adalah salah satu tokoh  yang gemar membaca. Dirinya pernah diberikan buku oleh Gus Dur. Bahkan tuturnya, di Jakarta ada monument Gus Dur yang digambarkan sedang membaca buku. “Untuk itu, mari kita budayakan untuk membaca, selain membaca Al Qur’an juga berbagai jenis buku ilmu pengetahuan lainnya, mulailah  dari kita sendiri, maka hasilnya pun dapat dirasakan”, tutur cucu pahlawan Nasional Wahab Hasbullah ini.

DR. Dody Eko Wijayanto, SH, MHum, menekankan bahwa untuk meningkatkan minat baca bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat, swasta, pendidikan juga bertanggung jawab untuk meningkatkan budaya membaca dimasyarakat.

Acara yang ditutup dengan Buka Puasa Bersama tersebut dihadiri sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Jombang, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Prov Jatim, juga Kab/Kota Wilker Bakorwil II Bojonegoro Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Tjaturina Wihandoko yang juga Bunda Inspirasi Dongeng Layak Anak,para pelajar dari pondok pesantren di Jombang serta undangan. (Wati_Humas Jombang)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts