Monday, July 6, 2015




TP PKK Kabupaten Jombang melalui Pokja 2 berkeliling dari desa ke desa memberikan  pelatihan membuat aneka keripik kepada para janda produktif. Program ini sebagai salahsatu upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan. Sebagaimana program dari Provinsi Jawa Timur yakni feminisme kemiskinan.

Sasaran kegiatan ini adalah para perempuan (janda) yang produktif  artinya masih sehat,kuat, dan memiliki kemauan untuk belajar, berusaha, berkarya dengan berwirausaha agar mandiri. Dengan harapan mereka akan menindaklanjuti hasil pelatihan untuk menjalankan  usaha  agar lebih berkembang hingga berhasil dan sukses. Dengan demikian diharapkan juga agar dapat membuka lapangan kerja bagi warga sekitar yang masih menganggur.


Mereka adalah para perempuan yang ada didesa Curahmalang kecamatan Sumobito, desa Kepuhrejo kecamatan Kudu, desa Karangpakis kecamatan Kabuh, desa Jatigedong kecamatan Ploso dan desa Jipurapah kecamatan Plandaan. 

“Bantuan program yang diberikan adalah  pelatihan membuat aneka keripik,  dan modal usahanya dari UP2K”, tutur Tjaturina Wihandoko, Ketua TP PKK Jombang.

Tjaturina istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini yakin, kalau para perempuan itu luar biasa tangguh. Jika diberikan peluang usaha atau ilmu, mereka ini lebih ulet, teliti, jujur, rajin serta  bertanggung jawab. Menurutnya apabila program ini dilaksanakan dengan baik, akan memiliki nilai ekonomi akan mendapatkan penghasilan sendiri. Dekranasda kabupaten Jombang siap memfasilitasi hasil produksi aneka keripik yang dihasilkan.

Sarannya kepada para peserta adalah untuk tetap semangat, dan rajin belajar. “Sukses itu butuh belajar, butuh latihan.  Saya berharap jangan mudah putus asa apabila didalam perjalanan didalam berwirausaha belum lancar. karena semuanya butuh proses, yang penting tetap menjaga mutu dan meningkatkan kualitas”, tandasnya.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan membuat aneka keripik tersebut. Bahan yang digunakan ada disekitar mereka, seperti pisang, ketela, singkong, dan talas. Mereka dibimbing oleh Yajid selaku narasumber dibantu oleh Ibu-Ibu Pokja 2 TP PKK Kabupaten Jombang. Pelaku usaha UMKM dari Mojowarno yang juga anggota Permamin Jombang ini menyampaikan mulai dari proses membuat, mengemas, memasarkan serta memberikan tips agar mampu bertahan mengelola sebuah usaha.(Wati_Humas Jombang)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts