Saturday, June 20, 2015

 
Simbolis : Ajarkan anak sejak dini peduli yatim melalui kaleng peduli

Obsesi Ir. Tjaturina Wihandoko, MM, Bunda Peduli Yatim yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Jombang untuk mengajak anak-anak sejak usia dini berbagi  kepada anak yatim akhirnya terwujud. Harapannya, sejak dini anak-anak suah ditanamkan untuk memiliki kepekaan sosial. Diantaranya dengan bersedekah untuk memulikan anak yatim.

Pada Senin, 16 Pebruari 2015, bertempat di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Ar Rahman Jombang, istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini meluncurkan program Kaleng Peduli Sahabat Yatim.

Paud Ar Rahman  yang merupakan PAUD Percontohan di Kabupaten Jombang, telah memelopori program Kaleng Peduli Sahabat bekerjasama dengan Yatim Mandiri. Anak-anak sejak dini diajarkan untuk bersodaqoh dengan menyisihkan uang jajannya untuk disalurkan kepada anak yatim.

”Program ini sebagai wujud pendidikan karakter anak di lembaga kami. Sejak dini anak-anak  kami didik  untuk bersodaqoh, menyantuni temannya yang yatim dari uang saku mereka”, tutur Suroto Ketua Yayasan PAUD Ar Rahman.

Dalam satu bulan, hasil dari kaleng anak-anak sejumlah 325 tersebut, mampu bersedekah sekitar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah).  Tjaturina Wihandoko yang juga Ketua GNOTA Jombang mengapresiasi Paud Ar Rahman yang telah memelopori program yang sangat mulia tersebut. Menurutnya mengajarkan anak-anak sejak dini untuk  berbagi dengan temannya yang yatim, menjadi amalan yang mulia. Kepekaan social juga kebiasaan mau berbagi merupakan karakter yang harus dipertahankan dan dimiliki oleh generasi penerus bangsa ini.

“ Ini sungguh contoh yang luar biasa ditunjukkan oleh Lembaga Pendidikan Islam Paud Ar Rahman Jombang, saya berharap program ini juga akan diikuti oleh instansi dan sekolah-sekolah yang ada di Jombang, baik SD, SMP juga SMA sederajat ”, tutur Tjaturina

Hadir pada launching tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Ketua PGRI, Pengawas Sekolah, Pengurus Yatim Mandiri, Kasi PAUD, Ketua Himpaudi, Kepala IGTKI, Ketua Forum PAUD, Pengawas SMP, SD, TK  juga perwakilan Kepala sekolah TK, SD, SMP negeri dan swasta, pengurus Tim Penggerak PKK Pokja 1 dan Pokja 2 serta wali murid Ar Rahman.  

Launching ditandai dengan penyerahan ”Kaleng Peduli Sahabat” kepada anak-anak Paud Ar Rahman. ”Insyaallah kalau program yang mulia ini dapat diikuti anak-anak kita  dengan ikhlas dan tanpa pamrih,  kita akan mampu memuliakan anak-anak yatim di Indonesia”, tandasnya.

Data dari bendahara Yatim Mandiri Surabaya, Bimo Wahyu Wardoyo saat ini jumlah anak yatim diseluruh Indonesia sekitar 20.000 anak. Kepedulian Bunda Yatim Tjaturina Wihandoko juga peran serta masyarakat sangat berarti didalam memandirikan anak yatim di Indonesia. Sedangkan data dari GNOTA Jombang jumlah anak yatim di Kabupaten Jombang sekitar 6000 anak. (Wati_Humas Jombang)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts